Leuwi Hejo, Curug Indah yang Tersembunyi di Sentul Bogor


Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, Telaga Warna atau Wisata Citamiang mungkin adalah nama – nama yang terlintas di benak kita jika berniat mengunjungi daerah puncak dan sekitarnya. Atau bahkan Puncak Pas, mungkin menjadi destinasi wisata yang lazim pilihan warga Ibukota Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan. Namun, jangan lupa untuk menambahkan daftar tempat wisata atau liburan kalian ke Curug Leuwi Hejo karena tempat ini pun merupakan salah satu wisata alam air yang menarik untuk di kunjungi. 


Curug Leuwi Hejo adalah sebuah objek wisata alamair yang lokasinya terletak di kawasan Sentul Bogor, tepatnya di kampung Wangun Cileungsi Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor. Kolam alam yang sebelumnya dikelola swadya oleh warga kampung Wangun Cileungsi dan akhirnya diresmikan berdasarkan surat administrator Perum Perhutani KPH Bogor ini merupakan salah satu wisata alam airyang dikenal karena pesona keindahan alamnya, suasana nan sejuknya, serta menawarkan sensasi perjalanan wisata yang tenang dan menyenangkan, sehingga sangat cocok dan tepat untuk dijadikan salah satu alternatif tempat wisata bagi Anda yang ingin sejenak melupakan kesibukan kerja atau rutinitas. Seperti, yang diutarakan oleh Ade, salah satu pengunjung Curug Leuwi Hejo. “Pokoknya disini enak. Tentram. Pokoknya buat refreshing itu enak banget deh, karena saya udah di PHK dari perusahaan. Iya serius. Jadi saya refreshing disini, sekalian ngilangin  stress juga” tutur Ade. Maklum saja dari Jakarta ke Sentul jaraknya tidak begitu jauh, apalagi tempat wisata yang berada di ketinggian 500-1000 mdpl ini menyajikan keindahan alam luar biasa. Bagi para kaum urban di Jakarta yang pernah merasakan masa kecil bermain di sungai, tempat ini bisa menjadi pembuka masa memori akan masa kecil Anda.

Curug Leuwi Hejo atau yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat bernama Curug Bengkok, karena air yang terjun dari bebatuannya tidak lurus, dan pada akhirnya masyarakat menamakan kolam alam ini adalah Bengkok = tidak lurus. Ya, masa sih?hehe. Nama Leuwi Hejo ini didapatkan karena wisatawan-wisatawan yang berdatangan ke curug ini merasakan airnya yang jernih danair yang sangat dingin, seperti tulang kita pun tertusuk karena ikut merasakan sensasi sejuk dan dinginnya suasana di Leuwi Hejo ini dan ketika terpapar oleh matahari akan berwarna hijau atau orang sunda menyebutnya dengan kata hejo dan dinamakan Leuwi karena dalam bahasa sunda artinya bagian dalam sebuah sungai dan curug ini berada tidak jauh dari kaki bukit. Kolam alam yang cantik ini menuai banyak sorotan bagi para pencinta wisata alam, khususnya wisata alam air. Popularitasnya baru muncul beberapa bulan kemudian setelah seorang traveler yang mengenalkan lokasi ini disebuah forum komunitas dunia maya, seperti Facebook dan Twitter. Nama curug ini pun menetap dengan Curug Leuwi Hejo, dan melambung di dunia para pencinta alam. Serta “diburu” oleh para petualang, baik dari wilayah Bogor, Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, bahkan Bandung dan menjadikannya salah satu tempat wisata yang akan dikunjungi. Pak Marwan selaku salah satu pengelola tempat wisata alam ini pun, bilang Adanya wisata alam Leuwi Hejo ini, ibaratnya Simbiosis Mutualisme, untuk warga Jakarta dan sekitarnya mereka makin banyak tempat wisata, untuk Kab. Bogor untuk bisa ada asupan dan mensejahterakan warga  sekitar” ujar Pak Marwan


Rute jalan menuju tempat wisata Leuwi Hejo Sentul Bogor yang selalu digunakan para wisatawan lokal untuk menikmati wisata alam air ini. Jika Anda ingin menggunakan kendaraan mobil pribadi, Anda masuk jalan Tol Jagorawi yang menuju Bogor, lalu Anda keluar di pintu Tol Sentul Selatan, perjalanan dilanjutkan menuju arah komplek Sentul Nirwana hingga menemukan sebuah bundaran. Setelah menemukan bundaran lalu kendaraan berputar kearah kiri yang lokasinya tidak jauh persis dari tempat wisata Jungle Land, sekalian mampir juga boleh hehe. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan memasuki sebuah kawasan pedesaan yang akan mengantarkan Anda menuju rute air terjun Leuwi Hejo Sentul Bogor yang dikenal indah ini. Bila Anda sudah sampai di titik jalan ini, Anda tinggal melanjutkan atau mengikuti rutenya saja. Namun, Anda harus berhati-hati dengan melalui rute jalan yang curam dan sempit serta bergelombang. Dengan kondisi rute yang seperti itu bila berpapas-papasan dengan kendaraan lain dari arah berlawanan, maka Anda harus mengalah satu dengan yang lainnya agar memberikan kesempatan bagi kendaraan untuk lebih lewat dahulu.
Selama perjalanan pun Anda akan “dilayani” oleh,pemandangan alam pedesaan yang masih asri dengan udara pegunungan yang sejuk nan indah, seperti udara yang mengerti cara menenangkan pikiran. Tidak beberapa lama kita akan menemukan arah petunjuk untuk menuju Air Terjun Leuwi Hejo ini. Bila Anda telah menemukan papan petunju tersebut, berarti kita sudah akan sampai di lokasi Curug Leuwi Hejo. Setelah Anda sampai di lokasi, maka kendaraan bisa kita parkir di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola, yaitu warga setempat.

Curug Leuwi Hejo juga merupakan wisata alam air yang paling murah di Sentul. Sebelum masuk menuju lokasi ini, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000 saja per orang kepada sejumlah warga yang  bertugas. Biaya penitipan kendaraan roda dua, yaitu Rp. 5.000, sedangkan penitipan kendaraan roda empat Rp. 15.000. Namun, informasi tiket masuk lokasi wisata alam air Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor ini dapat beruah sewaktu-waktu dengan kebijakan pengelola setempat.

Dari lokasi parkir pengunjung harus kembali berjalan sekitar satu kilometer untuk sampai menuju objek yang dituju. Walaupun perjalanan dari parkiran menuju Curug Leuwi Hejo ini bisa dibilang melelahkan, tetapi akan sepadan dengan pemuasan mata yang disuguhi pemandangan nan asri, serta kicauan burung serta rimbunan pepohonan pun akan menemani Anda sepanjang jalan. Terkadang, kita juga dapat menemukan aliran air yang jernih yang keluar dari dalam tanah dalam perjalanan Anda sambil menikmati sekaligus bersyukur kepada-Nya akan pesona wisata alam Bogor yang indah dengan udara yang segar dan alami. Anda juga harus berhati-hati selama perjalanan kesini karena jalan menuju lokasi kadang licin dan treknya lumayan miring, disarankan agar memakai sepatu yang cocok untuk kondisi seperti itu. Untuk para perempuan, jangan pakai high heels atau sepatu yang teplek-teplek ya kan mau ke Curug Leuwi Hejo, bukan mau ke kondangan. Jadi, untuk pakaian pun juga harus disesuaikan.Agar tidak menyusahkan diri sendiri atau pun orang lain juga.


Jika Anda menemukan atau melihat tanda anak panah yang menunjukan arah Air Terjun Leuwi Hejo sekitar 200 meter, pada titik itulah kita segera menemukan dan melihat air terjun tersebut. Jika sudah melihat air terjun itu, rasanya tidak sabar untuk terjun atau berenang. Suasananya seakan menarik kita untuk melepas beban, walaupun dengan sekedar membasuh muka kita pun akan merasa segar. Dan ingat, kita tidak hanya berhenti pada lokasi ini, namun kita harus melanjutkan perjalanan untuk menyebrangi jembatan yang terbuat dari bambu. Dari informasi yang didapatkan di lokasi, jembatatan tersebut dibuat oleh warga setempat dengan kondisi yang seadanya.

Air yang mengalir berwarna biru tosca didampingi dengan bebatuan besar dan kecil sehingga menjadi pemandangan yang mengasikan sebagai tempat liburan di alam bebas di kawasan Sentul Bogor. Anda bisa mencoba berendam di air yang dari mata air dan mengalir di kawasan wisata alam air Sentul Bogor ini.mendaki dinding batu yang terdapat di lokasi ini, sambil melompatdan terjun ke kolam alam air yang bisa menjadi liburan penuh sensai yang bisa dicoba di lokasi ini. Nikmati masa kecil Anda saat bemain meloncat ke sungai bersama teman-teman. Bercumbu dengan air alami di pegunungan yang masih terjaga keasrianny memang bisa membawa kesenangan dan kesegaran untuk diri sendiri. Tetapi, hal yang harus diingat adalah untuk melakukan lonctan di batu ini harus berhati-hati, karena kondisi batunya yang licin dan basah. Suara teriakan di alam bebas di tempat wisata alam Sentul Bogor ini yang terdengar pecah dan ramai, karena hanya di tempat alam bebas ini lah kita bisa melampiaskan segala beban dan pikiran yang selama initelah lama mengendap di dalam otak kita untuk menghadai permasalahan yang ada pada seharinya.
Pada saat musim hujan datang sebaiknya Anda jangan mengunjungi lokasi ini karena ditakutkan akan terjadinya kejadian yang tidak kita inginkan sebelumnya, kita berkunjung kesini untuk melepaskan penat karena masalah yang ada, bukan untuk menambahkan masalah yang ada, kan? Salah satu pengelola tempat wisata alam air Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor ini pun mengatakan beberapa larangan yang ada di lokasi ini. “Untuk larangan sih disini wajar aja ya, Mbak. Pertama tuh gak boleh buang sampah sembarangan. Kedua, kalo pas hujan, dilarang main di aliran sungai ini, soalnya takutnya nanti ada arus yang deras datang ntar malah keseret arus kan bahaya. Trus satu lagi, paling ya itu tadi jam 5 sore udah harus steril.” Ujar Pak Narwan.

Kalian mungkin penasaran kepada tidak boleh membuang sampah sembarangan? Kenapa jam 5 sore pengunjung harus pulang dan tempat di sterilkan? Beliau mengatakan, berhubung masih minimnya akan penerangan dijalan. Masih belum memadai, masih banyak krikil-krikil atau bebatuan, takutnya nanti kalau berkunjung terlalu sore akan menjadi gelap dan licin. Dan, tidak boleh membuang sampah sembarangan karena akan berpengaruh kepada alam itu sendiri, alam yang masih indah nan asri ini akan ternoda dengan tangan nakal yang membuang sampah tidak pada tempatnya, walaupun disini minim akan adanya tempat sampah, kalian bisa saja mengumpulan beberapa sampah pada satu kantong pelastik lalu membuangnya di tempat sampah yang ada. Karena kalau bukan kita sekarang yang menjaga alam, siapa lagi? Kasian pada anak cucu hingga cicit kita nanti, tidak bisa merasakan betapa sejuknya dan indahnya salah satu pemandangan di daerah yang tidak jauh dari Jakarta ini. Kita juga bisa meringankan pekerjaan pengelola, walaupun hanya dengan membuang sampah pada tempatnya.


Ivana Farahdila
1571500907

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel