Nikmatnya Kopi Manual Brew “AYA Kopi “

Kopi pertama kali masuk ke indonesia tahun 1696 yaitu jenis kopi yang pertama kali ada di indonesia adalah jenis kopi Arabika. Kopi arabika ini masuk ke indonesia melalui batavia atau yang kita kenal sekarang dengan jakarta, yang di bawakan oleh komandan pasukan belanda Adrian van ommen dari malabar – India, yang kemudian di tanam dan di kembangkan yang sekarang lebih di kenal dengan pondok kopi tepatnya di daerah Jakarta Timur.sayangnya kopi yang di tanam kemudian mati atau tidak bertahan lama dikarnakan terkena banjir, maka tahun 1699 di datangkan lagi bibit - bibit baru, yang kemudian berkembang di sekitar jakarta dan jawa barat antara lain di priangan, dan akhirnya menyebar ke berbagai bagian daerah di kepulawan indonesia seperti sumatera, Bali, Sulawesi dan timor.Kopi pun menjadi komoditas dagang yang sangat di andalkan oleh VOC. Tahun 1706 kopi jawa di teliti oleh belanda di amsterdam, yang kemudian tahun 1714 hasil penelitian tersebut oleh Belanda di perkenalkan dan di tanam di jardin des plantes oleh raja louis XIV.


Ekspor kopi Indonesia pertama kami dilakukan pada tahun 1711 oleh VOC, dan dalam kurun waktu 10 tahun meningkat sampai 60 ton / tahun. Hindia Belanda saat itu menjadi perkebunan kopi pertama di luar Arab dan Ethiopia, yang menjadikan VOC memonopoli perdagangan kopi ini dari tahun 1725 – 1780. Kopi Jawa saat itu sangat tekenal di Eropa, sehingga orang-orang Eropa menyebutnya dengan “ secangkir Jawa”. Sampai pertengahan abad ke 19 Kopi Jawa menjadi kopi terbaik di dunia. Berawal dari sini masyarakat indonesia mulai menanam kopi lokal dan mengembangkannya sehingga menjadi salah satu kopi terbaik di dunia.Produksi  kopi  di Jawa mengalami peningkatan yang cukup siginificant, tahun 1830 – 1834 produksi kopi Arabika mencapai 26.600 ton, dan 30 tahun kemudian meningkat menjadi 79.600 ton dan puncaknya tahun 1880 -1884 mencapai 94.400 ton.Semenjak Pemerintah Hindia Belanda meninggalkan Indonesia, perkebunan rakyat terus tumbuh dan berkembang, sedangkan perkebunan swasta hanya bertahan di Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian kecil di Sumatera; dan perkebunan negara (PTPN) hanya tinggal di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Nah, itu sejarah singkat dari asal mula kopi di Indonesia berasal dan dari situ juga Indonesia di kenal dengan kopi yang berkualitas baik dari aroma maupun rasanya. Dikarenakan masyarakat Indonesia banyak yang menggemari atau menyukai kopi dan mulai lah lahir kedai – kedai kopi atau tempat jualan kopi di Indonesia yang berbagai macam keunggulan atau dengan nama- nama unik. Khususnya Di daerah pamulang tangerang selatan juga banyak yang membuka kedai – kedai kopi salah satunya AYA kopi. Kedai ini menyajikan kopi manual brew dan sangat jarang dijumpai atau ditemui di daerah Pamulang  

Aya kopi adalah sebuah kedai kopi manual brew yang berada di daerah Pamulang. Aya kopi didirikan atau di bentuk  dari tangan – tangan kreatif anak muda Indonesia sekarang, mereka adalah Andu, Yopi dan Aulia awalnya mereka berasal dari teman bermain saja, akhirnya mereka bisa membuat yang tadinya hanya berkumpul dan berbincang biasa saja menjadi berkumpul yang menghasilkan Dari tangan mereka AYA kopi bisa berdiri. Kami sempat mewawancarai salah satu dari pendiri Aya kopi yaitu Aulia atau biasa di sebut Said. Asal mula Aya kopi itu berdiri dan filosofi nama . “filosofi nama dari aya kopi itu sebenernya ada unsur ketidak sengajaan, jadi kita pengen ada sundanya karenakan kebanyakan kopi itu kan dari pulau sumatera ya, Cuma kita kan kita pengen ada bawaan unsur sundanya. Tapi di perjalanan  AYA KOPI itu ada unsur dari ketiga nama kita. Ya kaya A nya itu Andu , Y nya itu yopi , dan A nya itu nama belakang saya Aulia seperti itu.” Menurut pria kelahiran tahun 92.


Untuk harga yang di sajikan oleh kedai Aya kopi ini terbilang terjangkau untuk kantung mahasiswa. Dan juga sangat cocok untuk segala golongan masyarakat “kisaran terjangkau apa engga itu relatif ya karena untuk sekarang pun pasaran harga kopi yang disajikan itu standart, maksudnya dimulai dari kisaran harga Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000, jadi terjangkau atau engganya itu tergantung dari mahasiswa itu sendiri.” Menurut salah satu pemilik kedai. Jadi mahasiswa yang ingin kopi manual brew dengan kisaran harga yang terjangkau bisa datang ke kedai kopi AYA.

Selain kopi di kedai Aya kopi ini juga terdapat makanan makanan ringan yang cocok di makan saambil di temanin dengan kopi. Suasana yang di sajikan di kedai Aya kopi ini sangat bagus.selain bagus di kedai Aya kopi ini juga menyajikan nuansa – nuansa romantis dan tenang jadi sangat cocok untuk berkumpul dengan teman – teman, pasangan maupun keluarga.dengan meja kayu sehingga mendapatkan kesan vintage lalu di tambah dengan hiasan hiasan lilin aroma di meja sehingga mendapatkan kesan romantis dan cocok untuk pasangan anak muda.


Kedai aya kopi memiliki tema yang unik yaitu agar pembelinya bisa dekat penjualnya.  “ untuk tema sih sebenarnya kita pengen antara konsumen dan si penyeduh itu dekat. Jadi gak ada kesenjangan, makanya kita dibuat adanya meja bar buat sharing mungkin dari mahasiswa atau umum ingin mengetahui kopi lebih lanjut lebih dalam atau misalnya tanya tanya itu bisa langsung atau kalo misalnya ingin menyeduh sendiri juga bisa. Jadi kalo untuk temanya sih kita temanya agar lebih dekat aja sih pengunjung dan penjual. Kalo tema yang spesifik kita belum ada sih mas “ menurut pemilik kedai.

Kopi atau biji kopi yang di gunakan di kedai Aya kopi ini sangat lah menarik mereka menggunakan biji kopi dari local selain menggunakan biji kopi local tetapi ada juga biji kopi non lokal atau dari luar nah mereka biasa menggunakan biji kopi luar kalau biji kopi itu cocok untuk di jual di kedai mereka . dan  sesuai dengan harga pasaran yang meraka inginkan tetapi kedai aya kopi ini lebih mengutamakan biji kopi yang lokal atau dengan kata lain mereka lebih memilih menggunakan biji kopi yang lokal di bandingkan biji kopi yang dari luar “ Untuk biji kopi kita lebih sering lokal tapi misalnya ada tempat atau biji kopi yang menurut kita wah ini cocok buat di kedai kita dari harga atau apa ternyata biji itu dari luar hm kita masukin , misalnya seperti india, kita punya biji kopi india nah itu kita punya kopi dari luar tapi kalo kebanyakan kita lokal. “ menurut pemilik kedai.

Kopi yang di sajikan di kedai ini sudah terbilang favorite di sekitar daerah kedai itu sendiri. Dan pengunjung kedai sangat puas dengan pelayanan atau menu – menu yang di sajikan oleh kedai tersebut. Membuat pengunjung nyaman berada di kedai Aya kopi ini. “ Perasaan yang saya dapat dari cafe ini yang pertama tuh sangat nyaman trus melayaninya juga enak jadi kita juga nyaman disini. Untuk menu, Menunya cukup menarik kaya misalkan kopinya itu juga ada banyak variasinya jadi kita gak bosen dengan menu – menu yang ada disini. “ menurut pengunjung kedai Aya kopi.

Para pengunjung cafe atau kedai Aya kopi bisa memilih meminum kopi di kedai ini di karenakan tempat yang mendukung dan susasana yang tenang sehingga kebanyakan pengunjung cafe atau kedai Aya kopi ini lebih memilih menghabiskan waktu liburnya disini atau mengisi kekosongan dengan meminum kopi yang terbuat dari biji lokal asal indonesia dan juga bisa bercakap dengan teman atau pasangan “Karena di tempat ini juga enak ya misalkan enak buat refresing , enak buat sendiri gitu apalagi kalau bareng sahabat sahabat kita bisa ngumpul bareng disini.” Menurut pengunjung kedai.

Pemasaran yang di lakukan oleh kedai Aya kopi bisa di bilang tepat kepada orang atau masyarakat yang belum mengetahui tempat atau lokasi kedai Aya kopi. Sehingga pengunjung banyak yang mengetahui tempat kopi yang dekat dengan rumah masyarakat atau pengunjung itu sendiri. Saya menanyakan kepada pengunjung bagaimana mereka mengetahui tempat ini. “Saya bisa tau tempat ini dari teman saya dari mulut kemulut baru saya bertanya – tanya apa sih tuh AYA kopi, lalu saya di minta di beritahu dimana lokasi tepatnya kedai ini berada nah setelah mengetahuinya saya baru datang ke kedai Aya kopi ini . “ menurut pengunjung kedai Aya Kopi.


Untuk masalah menu favorite yang ada di cafe atau kedai Aya kopi tentu saja kopi, tetapi kebanyakan dari semua menu – menu yang di sajikan, masyarakat atau pengunjung ke banyakan atau lebih memilih meminum  kopi yang berasal dari indonesia atau dengan kata lain kopi dengan biji lokal lebih favorit di bandingkan kopi dari luar  tujuan utama dari kedai Aya kopi ini mereka ingin memperkenalkan kepada orang yang belum mengetahui kopi manual brew “ Kalo menu favorite yang pasti kopi yah, yang pasti kalo menu favorit itu kopi karena kita disini tujuannya tuh ingin memperkenalkan untuk daerah kampung sini yang belum mengenal kopi manual brew itu seperti ini. Soalnya masih banyak dengan kopi seduh yah, maksudnya kopi sachet jadi kita kalo di tanya menu favorit ya kopi.” Menurut pemilik kedai.

Jadi kedai Aya kopi ini sangat cocok untuk semua masyarakat khususnya masyarakat di daerah pamulang dan sekitarnya, selain itu juga kedai aya kopi ini menggunakan kopi atau biji kopi kebanyakan lokal dan juga harga yang di patok atau di tetapkan di kedai Aya kopi ini relatif terjangkau, apalagi untuk kantung mahasiswa. Menu yang di sajikan sangat lah beragam dan suasana tempat yang tenang dan nyaman untuk berkumpul dengan teman , keluarga maupun pasangan sambil meminum kopi. Pengunjung juga bisa bertanya maupun membuat langsung kopi yang dia pesan dan pelayanannya sangat lah baik terhadap pengunjung.


Aditiya Widiantara Putra
1571505880


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel