Lebih Mengetahui Tentang MuayThay


Sejarah seni beladiri Muay Thai  adalah olahraga tempur dengan asal-usul yang ditetepkan jauh di dalam sejarah Thailand. MuayThai  adalah salahsatu olahraga bela diri dari Thailand dan merupakan salah satu olahraga nasional kerajaan Thailand.Asal mula olahraga ini bernama Krabbi Krabbong. Muay Thai dulunya digunakan oleh pasukan kerajaan Thailand untuk bertahan dimedan perang dan bahkan tentara di Thailand diwajibkan untuk mempelajari Muay Thai sebagai bekal untuk perang jarak dekat tanpa senjata dan itu telah menjadi legenda bagian kebudayaan Thailand. Saat ini semua orang di Thailand sangat kenal dengan olahraga Muay Thai ini.Muay Thai disebut dengan Thai Boxing, Thai Boxing dianggap sebagai pengembangan dari berbagai ilmu bela diri tradisional yang berasal dari Asia Tenggara.Thai Boxing memiliki nilai sejarah yang dihargai oleh orang-orang yang berlatih olahraga, sejarah ini telah dikembangkan berabad-abad. Muay Thai sering sekali di anggap sama dengan Kick Boxing, namun sebenarnya pendapat itu salah karena Muay Thai atau Thai Boxing sudah ada sejak 2.000 tahun lalu sebelum adanya Kick Boxing. Dahulu nama ilmu bela diri ini disebut dengan Muay Boran (tinjukuno), dengan berkembangnya jaman hadir revolusi dari Muay Boran yaitu Muay Thai. Seni bela diri ini berubah menjadi olahraga untuk membantu latihan fisik, beladiri, rekreasi dan kemajuan pribadi. Olahraga bela diri ini menggunakan kekuatan pukulan dan tendangan. Semua teknik dalam MuayThai menggunakan gerakan seluruh tubuh, seperti teknik tendangan, teknik pukulan, lompatan, tangkisan, teknik siku dan pukulan yang kuat. Teknik pukulan Muay Thai hamper sama seperti tinju.Muay Thai olahraga bela diri yang tidak memerlukan senjata karena tubuh kita yang menjadi senjatanya. Seorang praktisi Muay Thai bisa dikenal sebagai Nak Muay. Muay Thai juga sangat mudah dipelajari karena tekniknya yang dipandang sangat simple. Sehingga Muay Thai mulai menyebar keberbagai negara, salah satunya di Indonesia.




Di Indonesia, perkembanganMuay Thai cukup berkembang dengan cepat. Hal ini terbukti karena adanya berbagai tempat yang menyediakan olahraga bela diri MuayThai tersebut. Bahkan di Indonesia sendiri olahraga bela diri ini sangat banyak di ikuti oleh mereka yang ingin meningkatkan kekuatan tubuh, selain itu di zaman modern ini banyak sekali kejahatan yang mengintai disekeliling kita, Muay Thai juga bisa di jadi kan salah satu olahraga bela diri yang bias melindungi seseorang dari kejahatan.Gerakan dalam Muay Thai dapat membantu kelihaian dan ketangkasan serta ketegasan yang memberikan ketenangan bagi seseorang dalam kondisi apapun. Selain itu Muay Thai dapat di lakukan oleh siapapun dan segala usia maupun jenis kelamin. 2015 silam Muay Thai telah melambung tenar dikalangan masyarakat terutama para artis di Indonesia, seperti Masayu Anastasia, Kartika Putri, dan Gisela deretan artis ini rela meluangkan waktu untuk mengikuti Muay Thai. Pasalnya manfaat dari olahraga bela diri Muay Thai ini sangat banyak tidak hanya untuk fisik tetapi untuk mental contohnya seperti, kepercayaan diri yang meningkat dan kedisiplinan dan hamper semua bela diri memiliki persamaanya itu melatih self defense. Kebanyakan dari cabang-cabang bela diri tersebut lahir dari berbagai negara di Asia, termaksud Indonesia sendiri. Berbagai kalangan mengikuti Muay Thai karena tergiur oleh manfaat dari muay thai itu sendiri, salah satunya untuk menurun kan berat badan yang di alami oleh orang-orang obesitas yang sulit untuk menurunkan berat badan karena Muay Thai salah satu olahraga yang cepat menurunkan berat badan “Dalam beladiri Muay Thai itu memang bias pembakaran sampai 800 bahkan 1000 kalori tergantung intensitifitas latihan dan kadar fisik si murid-murid pesertanya itu tersendiri. Karena di situ muay thai dari start pemanasan sampai pendinginan pun itu sendiri banyak gerakan yang bekerja. Entah dari penggunaan otot, kardio eksersizenya, straingnya, powernya, spritnya dipakai semua jadi bias membakar kalori yang sangat banyak ” ungkap pelatih Muay Thai.




Muay Thai diperaktekan secara luas di Thailand. Pada zaman yunani kuno, terdapat pertandingan yang disebut prankration (kekuatan penuh. Tahun 1774 telah dikenal pertarungan bernama Nai Khanom Tom. Bahkan di asalnya Thailand,Muay Thai ini sering sekali mengadakan kejuaraan-kejuaraan kecil seperti disetiap desa yang menghasilkan petarung-petarung yang kuat. Sejak berabad-abad lalu sampai era UFC (United Fighting Championships)yang memperlombakan berbagai macam elemen martial art, beladiri yang semakin lama popular dan di tekuni oleh jutaan orang di dunia.Dengan perkembangan Muay Thai saat ini di dunia terutama di Thailand, telah banyak kejuaran-kejuaraan yang hadir dan mendatangkan atlet-atlet terbaik dari kejuaraan terebut. Atlet-atlet ini telah memenangkan sejumlah kejuaraan yang di adakan di Thailand maupun di seluruh Negara. Di Indonesia juga telah ada kejuaraan-kejuaraan Muay Thai, dan menghasilkan atlet-atlet terbaik yang siap untuk mengikuti kejuaraan di luar Negeri yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Dengan turnamen yang berlangsung secara rutin akan menghasilkan atlet-atlet berbakat  professional, secara langsung mengikuti turnamen terus-menerusakan membuat seorang atlet menjadi percaya diri untuk mengikuti kejuaraan. Bahkan tahun ini  Indonesia di percaya menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Muay Thai, Ini pertama kalinya  Indonesia menjadi tuan rumah untuk kejuaraan dunia  Muay Thai. Meski olahraga ini tergolong baru di Indonesia akan tetapi sederet prestasi telah di dapat atlet-atlet tanah air, salah satunya  Indonesia pernah memenangkan kejuaraan  Asian Muay Thai Championship 2015, Indonesia berhasil menjadi juara umum dan telah berhasil mengumpulkan 11 mendali emas, 12 mendali perak. Sebelumnya, Indonesia juga mendapatkan prestasi dan berada  di  posisi kedua di kejuaraan Muay Thai World Muay Thai Championship, yang di ikuti oleh 40 negara tersebut. Dan masih banyak sederetan prestasi lainnya  yang  di dapat oleh atlet-atlet Indonesia.
Pria kelahiran 04 januari 1983 ini adalah salah satu pelatih Muay Thai yang ada di Indonesia. Pria yang memiliki motto hidup  “orang  bisa, kita bisa itu biasa. Orang tidak bisa, kita bisa itu luar biasa”  ini sudah menjadi pelatih Muay Thai sejak 2 tahun lalu, tidak hanya melatih Muay Thai saja tetapi dia menjadi pelatih renang juga dan memiliki sebuah tempat fitness. Arif budiman ini salah satu  alumni  Universitas Negeri  Jakarta  Fakultas Olahraga. Awal mulai merintis kariernya di bidang olahraga ini bermula ketika ia menjadi pelatih renang, dengan berkembangnya zaman di era modern ini akhirnya Arif Budiman ini memutuskan untu membuka tempat fitness yang tidak jauh dari letak rumahnya. Setelah bertahun-tahun membuka tempat  fitness, akhirnya ia membuka pendaftaran untuk mengikuti pelatihan Muay Thai. Karena ia fikir, saat itu Muay Thai sedang berkembang pesat di Indonesia dan banyak masyarakat yang tertarik pada olahraga beladiri ini. Akhirnya ia membuka pelatihan Muay Thai dan fitness di satu tempat  yang  sama.  Sebenarnya Arif Budiman ini tidak terlalu banyak memiliki pengalaman di Muay Thai, tetapi dia telah belajar teknik kocing yang bisa ia terapkan kepada murid-muridnya. Ia juga menyampaikan bahwa olahraga beladiri Muay Thai ini sangat bagus  “oh bagus sekali gitu,  kita kan punya cabang beladiri Silat jadi ini Negara Thailand membawa cabang beladiri Thailand Muay Thai. Jadi masing-masing Negara mungkin punya olahraga beladiri yang sangat popularya gitu,Muay Thai sendiri saya bilang sangat bagus lah.”Ujar Arif Budiman pelatih Muay Thai. Muay Thai memiliki manfaat nya banyak sekali dan berguna untuk tubuh kita, Yang pertama untuk olahraga pasti untuk kebugaran, untuk penurunan kalori berat badan, pembakaran lemak dalam tubuh, self difect, pertahanan, tingkatin mental juga jadi percaya diri timbul setelah belajar Muay Thai ini. 

Fitri Fauziah
1571506581


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel