Touring Bareng Komunitas Evolution Motor Ciledug Community ( EVLOC )

Tanggal 11 – 11 - 2013, pada tanggal cantik tersebut terbentuklah sebuah komunitas yang bernama EVLOC. EVLOC merupakan kepanjangan dari “Evolution Motor Ciledug Community”. Pada sejarah awalnya komunitas yang beranggotakan rata – rata orang ciledug ini terbentuk karena ketidaksengajaan, yang berawal hanya dari ikut bergabung untuk nongkrong bareng komunitas lain, ikut touring bareng komunitas lain, dan pada akhirnya pria kelahiran 13 Oktober 1995 yang bernama Angga Maulana bersama temannya yang bernama Anton memiliki ideuntuk mencoba membuat sebuah komunitas motor sendiri. Awalnya mereka bingung ingin menamakan komunitas ini apa dan akhirnya komunitas ini dinamakan“Evolution Motor Ciledug Community” atau biasa disingkat dengan Evloc. Pada minggu pertama anggotanya hanya mereka berdua yaitu angga dan temannya, kemudian pada minggu kedua Angga dan temannya mencari tempat didepan ruko-ruko untuk tempat berkumpul atau kopdar, kemudian mereka membuat desain rompi, membuat desain logo untuk komunitas Evloc ini, dan menentukan hari untuk berkumpul atau kopdar. Pada minggu ketiga ada satu orang yang tertarik untuk ikut bergabung dalam komunitas Evloc ini. Pada minggu ke empat dan minggu kelima anggota komunitas ini mulai bertambah satu demi satu, begitu pula seterusnya diminggu berikutnya.Komunitas ini didirikan bertujuan untuk mencari lebih banyak persaudaraan, mencari teman dan menjalin tali silahturami sesama bikers.


Komunitas yang diketuai oleh Angga Maulana ini beranggotakan 16 orang yaitu Angga, Reza, Dilah, Anton, dan yang lainnya. 16 orang tersebut sudah termasuk ketua anggota dan wakil ketua, dan ternyatakomunitas ini tidak hanya untuk kaum laki – laki saja yang bisa ikut bergabung namun kaum wanita pun juga bisa ikut bergabung dalam komunitas Evloc ini. Buat kalian kaum wanita yang mempunyai hoby mengendarai motor ataupun touring kalian bisa ikut bergabung nih dalam komunitas Evloc ini. Dan untuk kaum wanita maupun kaum laki – laki yang tertarik untuk ikut bergabung dalam komunitas Evloc ini mudah banget nih caranya, kalian tinggal datang saja ketempat komunitas Evloc ini berkumpul. Komunitas ini biasa berkumpul di Jl. Raya Ciledug Indah tepatnya di ruko depan duren villa. Komunitas Evloc ini berkumpul setiap bulan di minggu pertama dan minggu ketiga tepatnya pada hari sabtu malam minggu. Mungkin kalian penasaran ya apa saja sih syarat untuk ikut bergabung dalam komunitas ini?, “syarat sih ga ada, Cuma dia kita lihat dari kehadirannya, dalam minggu ketiga dia selalu hadir, dia itu udah berarti dia mau ikut gabung” – ujar Angga Maulana. Jadi, komunitas Evloc ini tidak memiliki syarat khusus untuk kalian yang mau ikut bergabung, komunitas ini hanya melihat dari kehadiran dan niat serius untuk ikut bergabung dalam komunitas ini tapi kalian tetap wajib memiliki SIM (surat izin mengemudi). Jika anggota baru tidak hadir dalam tiga minggu berturut – turut tanpa memiliki alasan maka dia tidak dianggap sebagai anggota komunitas ini. Komunitas ini juga tidak berpaku pada satu jenis motor saja, motor jenis apapun bisa ikut bergabung dalam komunitas ini karena komunitas itu tidak menentukan satu jenis motor saja, komunitas lebih cenderung bebas dan berbeda dengan club, kalau club lebih cenderung menentukan motor apa saja yang boleh ikut bergabung bersamanya, selain itu club juga mempunyai peraturan sendiri sedangkan komunitas tidak memiliki peraturan akan tetapi saat ini juga sudah banyak komunitas yang memiliki peraturan namun tidak sedetail peraturan club.


Saat berkumpul komunitas ini selalu membukakan pintu kepada komunitas lain untuk berkunjung dan ikut membaur dalam komunitas ini, disitulah pertemanan semakin bertambah dan saling menjalin silahturahmi sesama bikers. Biasanya jika ada komunitas lain yang berkunjung anggota komunitas Evloc ini selalu memperkenalkan diri satu persatu begitu pula dengan komunitas yang berkunjung. Setelah memperkenalkan diri masing -masing si tuan rumah biasanya memberikan suguhan seperti makanan ringan dan minuman. Selain itu mereka juga saling berbincang – bincang membicarakan tentang motor, membicarakan rencana touring bareng, bertukar pikiran satu sama lain sambil ngopi bareng, saling memberikan saran untuk sesama bikers dan disaat itulah rasa kekeluargaan sesama bikers itu tercipta dan terjalin. Tidak hanya komunitas lain yang mengunjungi komunitas Evloc ini tetapi komunitas Evloc ini juga terkadang mengunjungi komunitas lain untuk melakukan silahturahmi kepada sesama bikers.Selain itu komunitas ini juga sering melakukan kegiatan positif seperti menggalang dana untuk orang yang membutuhkan maupun untuk korban bencana alam. Setiap bulan puasa komunitas ini selalu mengadakan sahur on the road atau SOTR untuk membagikan makanan untuk orang yang membutuhkan, tidak hanya pas saat sahur saja komunitas ini membagikan makanan namun pada saat berbuka puasa komunitas ini juga sering membagikan takjil kepada orang yang membutuhkan maupun kepada pengendara motor ataupun mobil, komunitas ini juga mengadakan buka puasa bersama anak yatim dan santunan untuk anak yatim. Komunitas ini dibentuk tidak hanya untuk sekedar kumpul bareng, touring bersama, memperbayak teman tetapi komunitas ini didirikan untuk melakukan kegiatan sosial, membantu sesama bikers yang sedang kesulitan ataupun masyarakat yang ada disekitar mereka dan untuk menjalin tali silahturahmi sesama bikers. Pada saat touring komunitas ini selalu mengutamakan safety riding. Safety riding merupakan suatu usaha untuk meminimalisir tingkat kecelakaan dan memaksimalkan tingkat keselamatan pengendara seperti memakai helm, mematuhi rambu – rambu lalu lintas yang berada dijalan, selalu menggunakan pelindung kaki dan tangan, selalu mengutamakan keselamatan pengguna jalan terutama pejalan kaki, yang terpenting tidak melakukan kebut – kebutan dijalan raya karena akan membahayakan pengendara motor dan pengguna jalan lainnya.Maka dari itu hati – hatilah dalam berkendara agar kita selalu aman dalam melakukan perjalanan kemanapun dan kapanpun. Dengan seperti itu secara tidak langsung mereka membuktikan dan mengubah pandangan masyarakat bahwa tidak semua komunitas motor itu main kebut – kebutan dijalan dan melakukan hal – hal yang negatif tetapi komunitas juga bisa melakukan hal – hal yang positif. Komunitas ini juga selalu mengutamakan keselamatan anggota ataupun orang yang berada disekitar mereka.

Banyak sekali orang yang berpendapat bahwa komunitas motor atau biasa dikenal dengan geng motor itu selalu identik dengan hal – hal yang negatif. Namun tidak untuk Evloc ini, komunitas ini selalu menjaga tali silahturahmi dan komunikasi terhadap sesama anggota ataupun kepada bikers lainnya agar tidak menimbulkan kesalahpahaman antar anggota maupun luar anggota.Jika terjadi kesalahpahaman terhadap sesama anggota, anggota lainnya menjadi penengah untuk memecahkan kesalahpahaman tersebut dengan cara bermusyawarah mencari jalan keluar permasalahan secara bersama – sama. Selain itu jika ada komunitas lain yang kesuliatan komunitas ini juga berusaha untuk membantu komunitas tesebut, tidak hanya sesama bikers saja, terhadap masyarakat sekitar mereka juga perduli seperti, membantu orang yang ingin menyebrang, membagikan makanan kepada orang yang membutuhkan. Komunitas ini juga sering melakukan kegiatan positifseperti kegiatan sosial seperti menggalang dana untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan. Anggota komunitas ini selalu berusaha untuk ramah terhadap bikers ataupun terhadap masyarakat sekitar. Komunitas ini selalu berusaha untuk melakukan hal – hal yang positif dan berguna untuk masyarakat sekitar maupun untuk diri mereka sendiri. Karena mereka ingin mengubah sudut pandang masyarakat agar tidak menganggap kalau bikers itu negatif melainkan bikers itu positif.

Biasanya bikers itu identik dengan jalan yang selalu beriringan, kenapa? Ternyata semua itu ada artinya yaitu agar anggotanya tidak ada yang tertinggal satu sama lain maka dari itu kebanyakan bikers jalannya itu selalu beriringan.Logo komunitas Evloc ini mempunyai arti tersendiri seperti, gambar mata yang artinya itu untuk melihat, gambar hidung itu artinya untuk jalanan yang berliku, dan gambar kunci inggris itu artinya sebuah pertolongan. Selain gambar yang memiliki arti, warna pun juga demikian memiliki arti tersendiri seperti, warna hitam yang berartikan malam, warna cream itu melambangkan terbentuknya suatu keluarga, dan warna putih itu melambangkan keadilan. Inti dari logo Evloc itu sendiri adalah melambangkan keluarga kecil Evolutin Motor Ciledug Community ( Evloc ) yang saling tolong menolong sesama manusia dan adil dalam mengambil suatu keputusan.

Komunitas ini sudah berjalan hampir 3 tahun, komunitas yang beranggotakan kebanyakan anak sekolah ini sudah melewati berbagai hal dan perjalanan. Selama hampir 3 tahun komunitas ini sudah melakukan touring ke berbagai tempat seperti ke puncak Bogor, Bandung. Namun komunitas ini jarang sekali melakukan touring untuk seluruh anggota dikarenakan anggota komunitas ini masih banyak yang bersekolah dan ada juga yang bekerja. Pada waktu itu komunitas ini pernah touring dan anggotanya ikut semua yaitu pada saat ke Anyer dan itupun diundang dari komunitas lain untuk melakukan prospek dari anggota komunitas lain. Selain itu komunitas ini juga sudah melewati hal – hal yang baik dan menyenangkan seperti, mengadakan games, bercanda bersama dan yang lainnya. Semua dilewati secara bersama – sama dengan penuh suka maupun duka, meskipun selama 3 tahun banyak konflik atau kesalahpahaman yang terjadi dalam komunitas ini, mereka tetap bertahan hingga sekarang. Hebat sekali ya mereka bisa bertahan selama hampir 3 tahun ini walaupun banyak rintangan dan masalah yang dialami mereka tetap solid dan selalu menjaga tali silahturahmi sesama anggota. Dan untuk tempat tujuan selanjutnya mereka akan melakukan touring ke Garut namun mereka belum pasti karena banyak dari anggota ini yang masih bersekolah dan bekerja maka dari itu mereka harus membicarakannya terlebih dahulu kepada anggota komunitas ini dan melakukan musyawarah untuk menentukan kapan waktu melaksanakan touring ke Garut,dan mereka juga berniat mengundang komunitas lain untuk ikut bergabung melakukan touring ke Garut bersama, namun semua itu harus mereka bicarakan terlebih dahulu dengan komunitas yang ingin mereka undang. Komunitas ini tidak hanya sekedar melakukan touring ke Garut melainkan komunitas ini juga ingin merayakan hari jadi Evolution Motor Ciledug Community yang ke 3 tahun.


Siti Mariyam Muryatin Ningsih
1571503455


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel