Olahraga Ekstrim Bareng Movement Rangers


Sumber : Dokumentasi Komunitas Movement Rangers

“No rules but know rules” begitulah ucapan Arifin laki-laki kelahiran Tanggerang ini, baginya didalam sebuah komunitas tidak perlu ada aturan tetapi harus tau aturan. Dan itulah yang ia jadikan prinsip dalam Kracker Movement Rangers itulah nama komunitas yang baru berdiri sejak 27 Mei 2016 yang pada awalnya bernama Supermoto Independent. Dengan berawal dua orang yang hobi mengendarai motor jenis trail yaitu motor cross, kemudian di niatkanlah untuk membentuk sebuah komunitas motor cross dan seiringnya berjalanya waktu, bertambahlah terus anggota menjadi lima sampai tujuh orang. Dengan jumlah anggota yang masih terbilang sedikit, beberapa anggota mengadakan kopcil  atau pertemuan kecil untuk merundingkan perubahan nama komunitas karena Supermoto Independent sudah digunakan oleh komunitas lain. Krackcer Movement Rangers atau biasa disebut Movement Rangers itulah sekarang yang menjadi nama komunitas tersebut, dengan memiliki arti tersendiri yaitu, sebagai pasukan yang memotivator atau pasukan yang menjadi pelopor atau pasukan yang menjadikan penggerak untuk memajukan supermoto.

Movement Rangers adalah sebuah komunitas olahraga ekstrim jenis motocross seperti supermoto, d’tracker, dan kraker yang saat ini mewabah di Indonesia dengan banyaknya komunitas yang memiliki aktivitas ekstrim rutin ini, menunggang motor di jalan tanah lalu melompat-lompat memang mengasyikkan dan mampu memacu adrenalin. Sekali mencoba pasti langsung ketagihan sampai-sampai jatuh kadang tak terasa karena saat olahraga motocross mulai mengadiksi. Motocross mulai muncul pada tahun 1860 dengan sepeda motor sederhana bermesin uap. Inovasi ini diciptakan oleh ilmuwan asal Inggris bernama Pierre Michaux.  Pada awal 1900-an mulai banyak penggemar olahraga extrim ini. sampai tahun 1920-an balap motor ini terus berkembang menjadi kompetisi yang dikenal dengan sebutan “Motocross” yang diadakan di Camberley, Inggris. Saat itu kompetisi ini bernama British Off-Road. Tahun 1960-an mesin sepeda motor 2 stroke mulai muncul dan pada 1970-an kompetisi olahraga ekstrim ini berkompetisi di sebuah arena balap dan sampai saat ini motocross terus berkembang dengan bentuk baru dan kompetisinya diadakan di sebuah arena motocross internasional yang bagus seperti Supercross dan Motocross Freestyle Arenacross . Dan yang memang komunitas ini juga memang dibuat dengan tujuan menyalurkan hobi bagi pecinta supermoto yang bingung ingin menyalurkan hobinya kemana dan Movement Rangers siap menampung untuk orang-orang dengan hobi tersebut. Dengan hanya syarat memiliki motor jenis dtacker tentunya sudah bisa untuk ikut bergabung dalam komunitas ini, sisanya tidak ada syarat tertentu lagi. Komunitas ini pun tidak ada batasan umur untuk ikut bergabung, dari yang paling muda berumur 14 tahun sampai yang sudah cukup umur yaitu 38 tahun masih tetap eksis ikut bergabung dalam komunitas ini. Bagi komunitas ini umur bukanlah masalah penting selama ada niat. Komunitas ini memang cukup terbuka dan sangat friendly pada setiap antar anggotanya, walaupun berbeda umur bukan menjadi halangan untuk berteman. Komunitas ini berdiri dari beberapa struktur yaitu Zainal Arifin aebagai ketua, John Rony sebagai humas dan Zulfan Handika sebagai bendahara. Bahkan, anggota komunitas ini pun beberapa ada yang perempuan dengan memiliki hobi yang sama, sayangnya baru sedikit perempuan yang memiliki hobi antimainstream seperti ini dan masih sangat jarang ditemui.

Sumber : Dokumentasi Komunitas Movement Rangers

Kawasan Gelora Bung Karno menjadi salah satu lokasi pilihan untuk tempat berkumpulnya para komunitas motor termasuk Movement Rangers tepatnya di Parkir Timur Senayan setiap malam jumat yaitu pukul 20.30. Tetapi sejak awal 2016 komunitas lain yang biasa ikut berkumpul ditempat itu sudah banyak yang tidak ikut   berkumpul lagi dan hanya tersisa Movement Rangers yang masih bertahan dan tetap aktif.  Sudah menjadi sebuah tradisi bagi komunitas ini untuk meluangkan waktunya dengan anggota lain seperti kopdar, guna mempererat hubungan antar anggota dan membicarakan rencana-rencana baru untuk mengisi kegiatan. Waktu berkumpul biasanya diisi dengan banyak kegiatan yaitu seperti nongkrong bareng, ngopi bareng, berfoto bareng untuk dokumentasi di akun media sosial, atau memodifikasi motor bersama dan sesi freestyle.

Kini Movement Rangers sudah beranggotakan kurang lebih 40 orang dengan mayoritas laki-laki dan hanya lima orang yang beranggotakan perempuan sudah memiliki banyak kegiatan seperti ikut Sunday Morning Ridding atau biasa disebut Sunmori yaitu jalan-jalan di Minggu pagi ke daerah jakarta dan sekitarnya, lalu ada Jakarta Supermoto Sunday atau JSS yaitu sebuah acara besar perkumpulan para anggora kracker dipagi hari yang diadakan disetiap tahunya diberbagai kota seperti Jakarta, Banten, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Yogyakarta dan Bandung. Selain itu, Movement Rangers juga sering mengadakan acara bakti sosial seperti menggalang dana untuk korban bencana alam, dan ada keagamaan juga yaitu seperti ikut berpartisipasi dalam menyumbangkan hewan dalam kegiatan kurban setiap tahunnya tidak lupa dengan kegiatan touring seperti kebanyakan komunitas, Movement Rangers juga mengadakan kegiatan touring walaupun masih jadi perencanaan. Daerah Puncak dan Bogor adalah salah satu tempat yang sudah dikunjungi komunitas ini dan sisanya masih dalam perencanaan. Banyak kegiatan bermanfaat dan berdampak positif yang dilakukan komunitas ini, tidak hanya dengan balapan di sirkuit dengan gundukan tanah tinggi, beradu cepat disertai lompatan-lompatan tinggi di arena balapan yang penuh dengan lumpur yang kotor saja.

Sumber : Dokumentasi Komunitas Movement Rangers

Waalaupun Movement Rangers masih terbilang komunitas baru, namun Movement Rangers sudah terbilang cukup cepat untuk mengkuti alur komunitas lain yang sudah berdiri cukup lama. Seperti halnya dalam kurung waktu kurang lebih dari 6 bulan komunitas ini sudah bisa mendapatkan 40 orang anggota yang ikut bergabung dan dimedia sosial pun komunitas ini cukup aktif mermposting kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan, followers dalam akun  media sosial yaitu instagram  milik  Movement Rangers pun sudah hampir menyentuh angka 400 followers. Bukan angka yang sedikit untuk mendapatkan pengikut dalam sebuah media sosial. Movement Rangers pun tidak lupa untuk mengikuti kegiatan wajib sebsgai komunitas motor cross kebanyakan, yaitu Trabas atau bisa dibilang sebagai Trail Adventure yaang dilakukan di gunung mas Bogor dengan melewati beberapa rintangan seperti tanah batu, jembatan dan sungai.

Movement Rangers masih terbilang komunitas baru, maka komunitas ini belum terlalu jauh mengikuti trabas dengan rintangan yang cukup sulit. Dikarenakan memang untuk mengikuti trabas diperlukan kesiapan khusus.  Menaklukan medan off road dengan motor trail memang cukup sulit dan memerlukan peralatan yang cukup lengkap untuk menunjang keselamatan, juga ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan seperti mengarahkan kendaraan menggunakan lengan, mengarahkan kendaraan menggunakan lutut bagian dalam, pergerakan maju dan mundur, teknik pengereman, teknik mengganti gigi perseneling, teknik memacu kendaraan, teknik menekan dan menarik sepeda motor, teknik mengoptimalkan suspensi kendaraan, teknik mengoptimalkan kaki sebagai peredam getaran, dan teknik membangunkan kendaraan yang jatuh. Semua teknik itu harus cukup dikuasai untuk memulai trail adventure karena sangat penting untuk keselamatan. Apalagi didalam komunitas Movement Rangers ada yang masih dibawah umur, dan masih perlu dituntun juga diajarkan. Oleh karena itu, kegiatan sesi freestyle yang dilakukan selama kopdar setiap minggunya guna untuk memperlatih para anggota dengan berbagai teknik melompat seperti lompatan-lompatan tinggi ataupun lompatan rendah.

Selain itu ada beberapa olahraga balap motor yang dikembangkan dari motocross. Dan mereka juga termasuk olahraga ekstrim juga yaitu Freestyle Motocross Kompetisi Freestyle Motocross (FMX) bukan soal balapan, tapi melakukan aksi akrobatik, trick dan stunt. Semakin sulit gerakannya, maka score yang diperoleh makin tinggi. FMX dikenalkan pertama kali di acara X Games tahun 1999, lalu ada Supermoto kompetisi ini hampir seperti balap motor biasa, tapi memakai motocross. Lintasan yang bisa lintasan go-kart, road racing atau street racing yang dimodifikasi dengan lintasan berlumpur dan beberapa rintangan. Supermoto mulai dikenalkan sekitar tahun 1970.ATV/Quad Motocross Kompetisi All-Terrain Vehicle (ATV) dimulai sekitar tahun 1985, kemudian ada ATV hampir semua beroda empat (four-wheeler) tapi setirnya memakai stang motor. Peserta kejuaraan ATV harus menaklukan medan berat, seperti bukit berbatu, lumpur dan lintasan dari batang pohon,Supercross yang dilakukan di dalam arena baseball atau football berlumpur dan memiliki rintangan. Supercross enggak secepat motocross, karena lintasannya lebih sempit dan banyak tikungan tajam. Kompetisi supercross dikenalkan tahun 1972 di Amerika Serikat, Sidecarcross berbeda dengan yang lain, peserta sidecarcross terdiri dua orang. Sasisnya disambung ke bagian untuk penumpang disampingnya. Penumpang yang disebut monkey ini bertugas membantu motor untuk membelok. Sidecarcross mulai populer tahun 1930 di Inggris, dan yang terakhir ada Pit Bikes and Mini-Motocros sama seperti motocross, hanya ukuran otor yang digunakan lebih kecil. Pit bikes ini rata-rata ditujukan untuk kelas pemula dan anak-anak. Pit bike biasa dilakukan di dalam lintasan Pit Stop atau off-road dengan rintangan yang relatif mudah. 

Selain hanya untuk bersenang-senang bergabung dengan sebuah komunitas motorcross juga sangat memuntungkan, Begitupun Arifin, megikuti komunitas yang ia buat bukan  hanya  semata-mata untuk sekedar besenang senang saja. Tapi memiliki banyak manfat tersndiri baginya yaitu seperti menghilangkan kejenuhan mengendarai supermoto seorang diri, lebih berwawasan tentang peraturan mengemudi dengan motor supermoto ini di jalan raya dan lebih penting lagi ialah memiliki banyak teman dari berbagai daerah lain yang memiliki hobi supermoto juga, mengikuti berbabagai macam lomba agar mempunyai pengetahuan baru dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.


Septiana Rachman 
1571504065


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel